Kopi adalah salah satu minuman paling populer di Dunia. Banyak ahli kesehatan percaya itu juga salah satu yang paling sehat.

Bagi sebagian orang, itu adalah sumber antioksidan terbesar dalam diet, mengungguli kedua buah dan sayuran yang digabungkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengubah kebiasaan meminum kopi Kawan Kopitree dari yang biasa menjadi super sehat.

 

 

1. Hindari Kafein Setelah Jam 4  Sore.

 

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan.

Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa kopi begitu populer. Ini memberi Kawan Kopitree energi dan membantu Kawan untuk tetap terjaga ketika Kawan merasa lelah.

Tetapi jika Kawan meminum Kopi di penghujung hari , percayalah hal ini akan dapat menganggu jadwal tidur kamu Kawan. Maka dari itu jika jadwal tidurmu terganggu akan membuat kualitas tidurmu menjadi tidak baik, jadwal tidur yang buruk biasanya menyebabkan segala macam masalah kesehatan.

Karena alasan diatas, penting bagi kamu kawan untuk tidak minum Kopi di penghujung hari . Jika Kawan Kopitree tak bisa membendung perasaan ingin meminum kopi pada jam tersebut pilihlah kopi yang rendah kafein atau tanpa kafein, nah kadar kafein ini bisa ditentukan pada saat menyangrai Kopi, nah kawan Kopitree di Kopitree kamu bisa atur Level Roastingan sesuai dengan selera Kawan Kopitree.

Tidak meminum Kopi setelah jam 4-5 sore, adalah cara yang bagus untuk memulai hidup sehat kawan. Tapi tidak semua orang mempunyai kesamaan sensitif terhadap kafein loh kawan, ada beberapa orang yang mungkin tidur dengan baik walaupun mereka meminum Kopi di penghujung hari.

Ada banyak cara lain yang dapat Kawan lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Kawan Kopitree, baca sampai habis artikel ini untuk tips lainnya kawan.

Ringkasan

Minum Kopi di Penghujung Hari bisa mengganggu kualitas tidur kawan kopitree. Mengurangi Kafein setelah jam 4-5 Sore adalah salah satu cara yang bagus untuk memulainya.

 

2. Jangan Tambahkan Gula Ke Kopi Kamu Kawan.

 

Meskipun Kopi itu sehat, tapi Kawan Kopitree dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya.

Cara terbaik untuk mengubah Kopi kamu untuk menjadi sesuatu yang berbahaya adalah dengan menambahkan Gula dalam jumlah besar ke dalamnya. Gula yang ditambahkan bisa dibilang salah satu bahan terburuk dalam dunia kesehatan.

Gula, terutama karena tingginya jumlah fruktosa, menjadi penyebab dengan segala macam penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Jika Kawan Kopitree tidak bisa membayangkan hidup kawan tanpa pemanis di Kopi Kawan,maka kawan bisa menggunakan pemanis alami seperti daun Stevia.

Ada banyak cara bagi Kawan Kopitree untuk dapat mengurangi asupan gula tambahan lebih jauh.

Ringkasan

Hindari menambahkan gula ke Kopi kamu Kawan Kopitree, Jika kamu terbiasa mengubah kopi menjadi asupan kalorimu, kawan mungkin akan kehilangan manfaat kesehatannya secara keseluruhan.

3. Pilih Brand Yang Berkualitas, Yang Organik lebih Baik.

 

Kualitas Kopi yang ada di Indonesia sangat bervarias, tergantung pada metode pengolahan dan Bagaimana Biji Kopi Ditanam.

Sebagai konsumen pastinya Kawan Kopitree ingin mengonsumsi Kopi terbaik, terbuat dari biji kopi pilihan yang dipilih secara seksama. untuk itulah kawan kopitree membeli kopi dari produsen yang terpercaya salah satunya adalah Kopitree.

Namun apa benar Kopi yang Kawan Kopitree konsumsi benar-benar murni dan terbuat dari biji kopi pilihan?

Biji kopi yang cacat nyatanya banyak dimanfaatkan oleh beberapa pelaku industrial kopi diluar sana, kopi itu kemudian di sangrai ( Roasting ) dengan tingkat kematangan yang lebih tinggi sehingga berwarna gelap dan rasanya tidak begitu terasa, yang penting pahit.

Namun demikian, Jika Kawan Kopitree khawatir tentang produksi pada Kopi kamu, Kawan Kopitree bisa konsultasikan terhadap para barista atau meminta penjelasan terdahulu dari si penjual. Pastikan mereka menjual Kopi yang mempunyai nilai cacat dibawah 13% sesuai standar SCAA untuk Kopi Spesialti.

 

Ringkasan

Jika Kawan Kopitree Khawatir akan kandungan nilai cacat dari suatu Kopi kamu, pilihlah kopi spesialti yang nilai cacatnya dibawah 13 persen.

4. Hindari Meminum Kopi Terlalu Banyak

 

Sementara kebiasaan meminum Kopi banyak dikatakan bagus untuk kesehatan, tapi jika meminumnya terlalu banyak dapat mengurangi akan manfaat keseluruhannya.

Asupan kafein yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan diri, meskipun ini tak berlaku untuk beberapa orang, karena sensitivitas setiap individu terhadap koin berbeda-beda.

Secara umum, menurut penelitian yang dilakukan oleh Health Canada, mereka merekomendasikan asupan kafein tidak boleh melebihi 1,1 Mg per pon ( 2,5 Mg per Kg ) dari berat badan per hari.

Mengingat bahwa secangkir kopi rata-rata dapat mengandung 95 Mg per Kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 176 pon ( 80 Kg ).

Akan tetapi, di luar sana ada beberapa orang yang dapat menerima asupan kafein jauh lebih tinggi sekitar 400-600 Mg dan tak menimbulkan  efek samping  yang terlalu merugikan kepada mereka, Tapi jangan lupa juga Kawan Kopitree sesuatu yang berlebihan itu tidak baik loh.

Berbicara mengenai efek buruk dari Kafein itu semua kembali bagaimana kita menjaga keseimbangan risiko dan manfaatnya untuk tubuh kita sendiri. Dengarkan tubuhmu dan jangan mengonsumsi lebih dari yang tubuh Kawan Kopitree bisa toleransi.

Ringkasan

Minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan efek samping yang merugikan tubuh kita. Namun, ini tergantung pada jumlah kafein yang dikonsumsi dan toleransi dari tiap tubuh Kawan Kopitree. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu pastilah tidak bagus.

5. Tambahkan Beberapa Kayu Manis Pada Kopi Kawan Kopitree.

 

Kayu Manis adalah ramuan yang sangat lezat ketika bercampur sangat baik dengan rasa kopi.

Studi mengatakan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, Kolestrol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jika Kawan Kopitree butuh suatu Rasa yang baru terhadap pada Kopi, cobalah untuk menambahkan kayu manis pada Kopi Kawan, pasti akan sangat terasa enak.

Pastikan untuk tidak memasukkan terlalu banyak Kayu Manis ke dalam Cangkir Kopi Kawan Kopitree, karena jika beberapa kayu manis dimasukkan akan terasa pas, tetapi jikalau kebanyakan akan menyebabkan efek yang aneh pada rasa Kopinya.

Ringkasan 

Tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis pada kopimu kawan. Tidak hanya terasa enak tapi itu juga akan meningkatkan kesehatan Kawan Kopitree.

6. Jauhi Krimer Rendah Lemak dan Buatan.

Krimer rendah lemak dan buatan cenderung diproses dan mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat dipertanyakan.

Namun, tidak banyak penelitian yang membahas tentang efek kesehatan dari creamers kopi non-dairy. Isinya bervariasi menurut merek, dan beberapa mungkin lebih sehat daripada yang lain.

Namun demikian, makanan alami umumnya merupakan pilihan yang lebih baik.

Daripada creamer non-dairy, pertimbangkan untuk menambahkan krim penuh lemak ke kopi Kawan Kopitree, lebih bagus lagi jika dari sapi yang diberi makan rumput.

Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Misalnya, susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Selain itu, susu sapi yang diberi makan rumput mengandung beberapa vitamin K, yang juga terkait dengan peningkatan kesehatan tulang .

Ringkasan 
Non-dairy creamers diproses dengan sangat baik dan mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat dipertanyakan. Jika Kawan Kopitree suka mengencerkan kopi Kawan Kopitree dengan krim, Coba mulai pertimbangkan untuk memilih susu daripada krim.

7. Tambahkan Beberapa Kakao ke Kopi Kawan Kopitree.

Kakao mengandung antioksidan yang mempunyai  segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung .

Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi Kawan Kopitree untuk beberapa rasa tambahan.

Caffè mocha, versi cokelat caffè latte, disajikan di banyak kedai kopi. Namun, caffè mocha biasanya dimaniskan dengan gula.

Kawan Kopitree dapat dengan mudah membuat sendiri di rumah dan melewatkan gula yang ditambahkan.

Ringkasan
Kawan Kopitree dapat menggabungkan Rasa dari kopi dan cokelat hitam dengan menambahkan sedikit bubuk cokelat ke kopi mu Kawan.

8. Seduh Kopi Kawan Kopitree Menggunakan Kertas Saring.

Kopi yang diseduh mengandung cafestol, diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun, mengurangi levelnya sederhana. Cukup gunakan kertas Saring.

Menyeduh kopi dengan kertas saring secara efektif menurunkan jumlah kafein tetapi membiarkan kafein dan antioksidan yang berguna melewatin saringan kertas.

Namun, cafestol tidak semuanya buruk. Studi terbaru pada tikus menunjukkan itu memiliki efek anti-diabetes.

Ringkasan
Kopi mengandung cafestol, senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Kawan Kopitree dapat menurunkan jumlah cafestol dalam kopi mu dengan menggunakan kertas saring.

Kesimpulan

 

Kopi adalah minuman populer yang dikenal karena efek stimulannya.

Asupan kopi yang tinggi terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa cara agar Kawan Kopitree dapat meningkatkan manfaat ini lebih jauh.

Yang terpenting, hindari membuat kopi Kawan Kopitree dengan tambahan gula. Sebaliknya, Kawan bisa membumbui kopi kawan dengan menambahkan sedikit kayu manis atau cokelat.

Juga, pertimbangkan untuk tidak minum kopi di sore dan malam hari, karena dapat merusak kualitas tidur Kawan Kopitree.

Dengan mengikuti tips di atas, Kawan kopitree dapat membuat secangkir kopi mu bahkan lebih sehat.

 

 

 

12May
2018
  • 0

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe

Weekly newsletter

Stay updated with Kopitree Subscribe  for stories, coffee tips, and brewing equipment