Di dalam artikel kali ini kita akan sedikit membahas dan memberikan gambaran step by step bagaimana cara menyeduh kopi pilihan terbaik kawan Kopitree menggunakan Coffee Dripper, penasaran ? kalau penasaran segera ikuti beberapa step dan tips dari Kopitree.

Untuk  memulai Pour Over menggunakan Kalita Coffee Dripper kawan kopitree harus mengetahui 3 hal berikut ini:

–     Total waktu Brewing : 2 Menit 30 Detik.

–     Hasil : 1 Gelas

–     Katareristik Yang didapatkan adalah Terang dan Jernih

Apa saja yang Kawan Kopitree butuhkan:

–     Kalita Coffee Dripper

–     Paper Filter

–     21gr Biji Kopi

–     300ml Air

–     Kettle (teko, disarankan yang bagian lehernya seperti leher angsa )

–     Timer/Stopwatch

–     Gelas

–     Burr Grinder ( Grinder )

–     Scale ( Timbangan )

Sebelum Kawan Kopitree mulai Brewing menggunakan Kalita Drip :

–     Untuk memperoleh hasil terbaik, kami sangat menyarankan kawan kopitree menggunakan kopi yang masih berbentuk biji dan menggilingnya menggunakan Grinder sebelum melakukan brewing. Namun jika kawan kopitree tidak mempunyai waktu untuk menggilingnya jangan khawatir kopitree menawarkan produk premium yang sudah menjadi bubuk kopi.

–     Meskipun kelihatannya rumit harus menggunakan scale, kami rasa menggunakan scale sangatlah penting dalam menentukan takaran pada proses Brewing jika dibandingkan dengan kamu tidak menggunakan scale. ( Kawan Kopitree harus mengira-ngira takaran yang akan disajikan sehingga menyebabkan perbedaan rasa)

–     Jika dibandingkan dengan Kettle tradisional ( lehernya lebih besar atau tebal), Kettle yang memiliki leher seperti leher angsa memberikan kamu control yang lebih optimal dalam meuangkan air ke dalam Dripper yang sudah berisi bubuk kopi.

Step by step menggunakan Dripper :

STEP 1

Panaskan air sampai 205 derajat, setelah mendidih dan biarkan selama 30 detik.

STEP 2

Siapkan Filter Sesuai dengan ukuran dripper dan tempatkan Filter tersebut di dalamnya. Letakkan Dripper di bagian atas gelas

STEP 3

Tuangkan air panas di seluruh bagian filter selama kurang lebih dari 5 detik. Dengan membasahi filter ini bertujuan untuk menghilangkan rasa dan aroma kertas yang ada pada filter.

Angkat dripper, kemudian buang air yang ada di dalam gelas hasil dari bilasan filter tadi.

STEP 4

Tuang secara merata bubuk kopi diatas filter, kemudian atur kembali posisi dripper di atas gelas. Buatlah kawah kira kira setengah inci di tengah-tengah bagian bubuk kopi dengan jari kamu.

STEP 5

Waktu: 0: 00-0: 45

Jalankan timer dan tuangkan air panas secukupnya secara perlahan agar membasahi secara merata (40 gram). Langkah ini disebut dengan blooming. Air panas memaksa kopi untuk melepaskan gas yang terkandung didalamnya. Secara menyeluruh di bagian kopi muncul gelembung di permukaan bubuk kopi dan aroma yang nikmat untuk kamu nikmati.

Diamkan sampai timer kamu di angka 45 detik.

Waktu: 0: 45-2: 00

Mulai tuangkan air panas terus menerus secara melingkar seperti arah labirin. Cobalah untuk menjaga tingkat air yang stabil pada dripper, dan hindari cara menuangkan di sekitar tepi filter saja. Berhenti menuangkan ketika kamu melihat timer di angka 2:00 atau scale kamu di angka 300 gram.

Waktu: 2: 00-2: 30

Biarkan semua air mengalirkan melalui filter. Jika waktu akhir Kawan Kopitree lebih dari 3:00, mungkin saat grinding terlalu halus. Jika waktu final kamu kurang dari 03:00, mungkin saat kamu grinding terlalu kasar sehingga air cepat larut diantara sela sela bubuk, buatlah perkiraan saat proses grinding sehingga biji kopi dirasa cukup halus untuk seterusnya melakukan penyeduhan.

Angkat dripper dan kopi siap kamu nikmati.

Gimana? seru kan menggunakan Kalita Dripper? Selamat mencoba ya!

 

 

02March
2018
  • 4

4 Comments

  1. by Tanzil September 5, 2018 10:05 AM

    sedikit koreksi, itu foto dripper yg digunakan bukan V60 tapi bottom flat. Jadi antara keterangan dan gambar tidak seusai. Namun pd prinsipnya cara seduh antara V60 dan bottom flat sama saja. .

    • by Kopitree Indonesia September 5, 2018 3:25 PM

      Terima Kasih atas koreksinya mas, memang dalam artikel tersebut kita menggunakan kalita coffee dripper, untuk itu kami sudah mengubah nama alat dripper sesuai dengan keterangan.

      Sekali Lagi kami ucapkan terima kasih

  2. by tri December 23, 2018 1:39 PM

    kalau menyeduh untuk 3 cangkir sekaligus (kopi 63 gr) apakah waktu seduhnya sama dengan 1 cangkir (21 gr kopi) ?

    • by Kopitree Indonesia December 26, 2018 10:00 AM

      untuk waktu penyeduhan dengan prosedur yang standar bisa kemungkinan sama, namun jika ingin mendapatkan perbedaan dari rasa atau ketebalan kopi bisa memainkan di wakatu ekstraksinya

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe

Weekly newsletter

Stay updated with Kopitree Subscribe  for stories, coffee tips, and brewing equipment